Berita publikasi kinerja

Mau Cari Tahu Informasi Seputar Pajak Daerah di Sumedang, Buka Saja Aplikasi “Siapdol”

BAPPENDA – Bagi warga yang ingin mencari tahu informasi seputar pajak daerah, Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) Kab. Sumedang, kini telah menyediakan layanan khusus yang dapat diakses secara online.

Layanan elektronik yang telah disiapkan Bappenda Kab. Sumedang ini, salah satunya Sistem Aplikasi Pajak Daerah Online atau disebut “Siapdol”.

Hanya cukup dengan membuka aplikasi “Siapdol”, warga nanti akan bisa langsung mengetahui semua informasi mengenai pajak daerah yang dikelola Bappenda Kab. Sumedang, termasuk bisa mengetahui jumlah tagihan objek pajak yang harus dibayar oleh para Wajib Pajak.

“Mulai sekarang warga sudah tidak usah repot-repot lagi menanyakan informasi seputar pajak daerah ke petugas. Karena cukup klik siapdol.sumedangkab.go id semua informasi seputar pajak daerah sudah tersedia,” kata Kepala Bidang Penetapan Penagihan Bappenda Kab. Sumedang, Taryudi Hidayat, Kamis (4/3/2021).

Menurut Taryudi, sistem ini merupakan salah satu inovasi yang dibuat Bappenda dalam rangka memudahkan pelayanan informasi pajak daerah kepada masyarakat.

Karena seiring semakin pesatnya kemajuan elektronik, maka layanan-layanan pemerintah juga harus sudah mulai bergeser ke digital.

Maka dari itu, Bappenda akan terus berupaya mengoptimalisasi pelayanan yang berbasis digital sebagaimana yang telah dicanangkan Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir.

Dalam “Siapdol” ini telah warga hanya tinggal membuka dan mngikuti petunjuk yang telah disediakan.

“Dalam sistem itu, telah tersedia rubrik-rubrik informasi seputar pajak. Jadi tinggal klik saja informasi tentang pajak yang akan warga cari, nanti akan langsung muncul,” ujar Taryudi.

Ditambahkan dia, selain menyediakan layanan informasi seputar pajak daerah, Bappenda Kab. Sumedang juga kini telah mengembangkan tempat-tempat pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

Jadi apabila warga atau wajib pajak ingin membayar PBB, sekarang sudah bisa membayar di mana saja sesuai keinginan para WP.

Karena untuk memudahkan pembayaran, Bappenda telah bekerjasama dengan beberapa layanan jasa pembayaran.

“Kalau dulu bayar PBB itu hanya bisa di Bank BJB saja, nah untuk sekarang kami sudah mengembangkan tempat-tempat pembayaran yang bisa dipergunakan oleh para wajib pajak,” kata Taryudi.

Selain di Bank BJB, tambah dia, untuk mempercepat pembayaran PBB di Sumedang, para wajib pajak bisa melakukan pembayaran juga di Indomart, Alfamart, Kantor Pos, Tokopedia, Cabang Pembantu BJB, Digi BJB, dan beberapa Bumdes yang sudah bekerjasama dengan BJB.

“Lebih mudah kan. Makanya kalau nanti para wajib pajak sudah menerima tagihan, bisa langsung melakukan pembayaran di tempat layanan terdekat,” tuturnya. (Bappenda Kab. Sumedang)*