Berita publikasi kinerja

Bappenda Sumedang Lakukan Pemutakhiran Basis Data PBB P2

BAPPENDA – Badan Pengelola Pendapatan Daerah (Bappenda) Kabupaten Sumedang, kini mulai melakukan pendataan dan pendaftaran objek pajak daerah.
Pendataan dan pendaftaran tersebut, dilakukan dalam upaya pemutakhiran basis data Pajak Bumi dan Bangunan Perdesan dan Perkotaan (PBB P2) yang ada di wilayah Kab. Sumedang.
Seperti disampaikan Kepal Bidang Pendataan dan Penilaian Bappenda Kab. Sumedang Rd. Ida Marlaida SH, M.Si, usai melakukan kegiatan sosialisasi Pendaftaran dan Pendataan Objek Pajak Daerah di Desa Cijambu Kec. Tanjungsari, Rabu (17/3/2021).
“Saat ini kami sedang fokus melakukan sosialisasi Pendataan dan Pendaftaran objek Pajak Daerah,” kata Ny. Ida.
Kegiatan pendataan ini, menurut rencana akan dilaksanakan selama 20 hari ke depan, dengan sasaran 40 desa yang tersebar di 20 kecamatan.
“Untuk tahun ini, sasaran kegiatan pendataan ini akan kami lakukan ke 40 desa,” ujarnya.
Adapun tujuan dari kegiatan pendataan dan pendaftaran ojak pajak ini, lanjut Ny. Ida, salah satunya untuk manggali potensi dari PBB P2, sekaligus untuk menertibkan administrasi data subjek pajak, data objek pajak dengan peta Sistem Informasi Geografi (SIG).
Supaya kedepannya, semua basis data PBB P2 di Sumedang dapat sinkron dengan Peta SIG.
“Tujuan utamanya untuk menggali potensi pajak daerah, serta untuk mensinkronisasi data PBB dengan Peta SIG,” ujarnya. (Bappenda Sumedang)*