tujuan

TUJUAN, SASARAN, PROGRAM DAN KEGIATAN

 

3.1       Telaah terhadap Kebijakan Nasional dan

Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2005-2025 dilaksanakan secara bertahap dalam (empat) tahapan : RPJMN Pertama tahun 2004-2009, RPJPN Kedua Tahun 2010-2014, RPJMN Ketiga tahun 2015-2019, dan RPJMN Keempat tahun 2020-2024.

Tema Pembangunan Nasional 2019 yaitu “Mempercepat Pembangunan Infrastruktur untuk meletakkan Fondasi Pembangunan yang Berkualitas”

Untuk menunjukkan prioritas dalam jalan perubahan menuju Indonesia yang berdaulat secara politik, mandiri dalam bidang ekonomi dan berkepribadian dalam kebudayaan, dirumuskan sembilan agenda prioritas dalam pemerintahan ke depan. Kesembilan agenda prioritas itu disebut NAWACITA, yaitu :

  1. Menghadirkan kembali negara untuk melindungi segenap bangsa dan memberikan rasa aman kepada seluruh warga negara.
  2. Membuat pemerintah selalu hadir dengan membangun tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis dan terpercaya.
  3. Membangun Indonesia dari pinggirandengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan.
  4. Memperkuat kehadiran negara dalam melakukan reformasi sistem dan penegakan hukum yang bebas korupsi, bermartabat dan terpercaya
  5. Meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia.
  6. Meningkatkan produktivitas rakyat dan daya saing di pasar Internasional sehingga bangsa indonesia bisa maju dan bangkit bersama bangsa-bangsa Asia Lainnya.
  7. Mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi domestik.
  8. Melakukan revolusi karakter bangsa.
  9. Memeperteguh kebhinekaan dan memperkuat restorasi sosial Indonesia.

Prioritas pembangunan daerah Kabupaten Sumedang Tahun 2019 sebagai bagian tak terpisahkan dari Negara Kesatuan Republik Indonesia serta bagian dari Provinsi Jawa Barat, ditetapkan dengan memperhatikan prioritas pembangunan nasional dan prioritas pembangunan daerah Provinsi Jawa Barat Tahun 2019.

Untuk mencapai keberhasilan pembangunan, sejalan dengan prioritas pembangunan nasional dan provinsi, serta fokus-fokus sebagaimana tertuang dalam RPJPD Kabupaten Sumedang Tahun 2005-2025 dan Program Unggulan Kepala Daerah periode Tahun 2013-2018, maka Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah Kabupaten Sumedang akan melaksanakan program dan kegiatan untuk menunjang keberhasilan pembangunan di Indonesia dan di Kabupaten Sumedang secara khusus melalui program-program yang dituangkan dalam Rencana Kerja (RENJA) Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah Kabupaten Sumedang Tahun 2019. Program kegiatan tersebut bertujuan untuk menyediakan dokumen-dokumen perencanaan, data-data, informasi, serta mengkoordinasikan stakeholder yang ada untuk mencapai tujuan pembangunan Kabupaten Sumedang dalam visi dan misi Kepala Daerah.

3.2     Tujuan dan Sasaran Rencana Kerja Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah     

           Kabupaten Sumedang

 

Selaras dengan perkembangan pembangunan yang cukup pesat dengan berlandaskan pada penyelenggaraan pemerintahan yang bebas dari Kolusi, Korupsi dan Nepotisme, maka Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah sebagai salah satu pelaksana pemerintah daerah yang mempunyai tugas dalam pengelolaan pendapatan daerah dituntut untuk dapat memberikan kinerja yang optimal.

Hal tersebut dapat digambarkan dengan pengelolaan pendapatan daerah yang transparan dan akuntabel serta dapat memberikan pelayanan yang optimal.

Untuk dapat mencapai pengelolaan pendapatan yang optimal serta memberikan pelayanan sebagaimana harapan masyarakat, dibutuhkan pegawai yang tidak hanya cakap dalam bidangnya akan tetapi juga memiliki integritas moral yang baik. maka disusunlah Tujuan dan Sasaran Rencana Kerja Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah Kabupaten Sumedang yaitu :

 

TUJUAN :

 

  1. Meningkatkan Pendapatan Daerah;
  2. Meningkatkan Sumber Daya Manusia Pengelola Pendapatan Daerah.

 

SASARAN :

 

  1. Meningkatnya Penerimaan Pendapatan Daerah;
  2. Meningkatnya Jumlah Sumber Daya Manusia yang memiliki kemampuan mengelola Pendapatan Daerah.

Hal tersebut dijadikan acuan dalam penyusunan prioritas program                                   pembangunan daerah dalam Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun                       2019 dengan diselaraskan pada Misi serta strategi dan kebijakan.

SAMBUTAN KEPALA BADAN

APLIKASI TERINTEGRASI

Cara pembayaran PBB-P2 Kabupaten Sumedang